Friday 18 October 2024

Resep dan Cara Membuat Urap-urap Sayur Agar Bumbu Tidak Mudah Basi

Resep dan Cara Membuat Urap-urap Sayur Agar Bumbu Tidak Mudah Basi. Assalamu'alikum sahabat HM Zwa. Apa kabar?semoga sehat selalu ya. Masak apa hari ini?ohya, ngomonginsoal masak memasak, kemarin HM bar aja bikin ura-urap sayur. Jadi ceritanya pulang kerja sore, suami pulang bawa sekresek merah besar sayuran yang dibeli dari pasar. Karena pulangnya pukul 24.00 dan rutenya selalu melewati slah satu pasar yang cukup ramai di dekat rumah kami. Nah, jam segitu biasanya orang yang jualan di pasar sudah mulai gelar lapak. Seperti biasa, naluri belanja suami meronta-ronta wkwkwkwk... jadi, semua aneka sayuran kiloan dibeli, mulai dari tomat, wortel, sawi, bawang merah, bawang putih. Ada juga yang ikatan seperti sayur pepaya muda, kenikir, dan bayam.
Karena ada banyak sayur hijau, akhirnya kepikiran bikin urap-urap sayur. Nah, kalau biasanya saya bikin bumbu urapnya dkukus karena simpel, tinggal masukin di mejikom jadi deha ahahaha. Tapi kali ini pingin bikin banyak buat stok, ya karena sayuran banyak jadi 2 hari ini bakal makan sayur urap terus hahaha. Salah satu cara agar bumbu urap tahan lama dan tidak mudah basi adalah dimasaknya dnegan cara ditumis. Mulai dari menumis bumbu sampai kelapa mudanya, pokoknya semua dimasak dengan cara ditumis. Insya Allah bumbu urap tahan lama. Biasanya kalau dikukus, sore bumbu sudah basi. Nah, beda lagi kalau masaknya dnegan cara ditumis, sampai malam Alhamdulillah masih aman. Setelah ditumis dan dingin, bumbu urap saya taruh di wadah lalu ditutup dan disimpan di ruangan terbuka ataudi meja makan. Sore harinya baru saya taruh di kulkas, Insya Allah aman untuk keesokan harinya tanpa harus ditumis lagi. Jadi tinggal ngerebus sayur saja, campur dengan bumbu, rasanya juga masih sama enaknya. Alhamdulillah.
Semoga bermanfaat..
Selamat mencoba..


Resep Urap-urap Sayur
Ala @hm_zwan
Bahan sayur rebus :
1 ikat daun pepaya muda
1 ikat daun kenikir
1 ikat daun bayam
4 buah kacang panjang, potong 4 cm
Segenggam kembang turis, buang putiknya
Segenggam toge panjang
Toge rawon secukupnya


Cara membuat :
Panaskan air sampai mendidih, rebus sayur satu persatu sampai matang. Angkat, tiriskan.

Bahan bumbu halus :
7 bawang merah
2 bawang putih
5 cm kencur
5 cm kunyit
1 cabe merah besar
8 cabe rawit
2 genggam kelapa parut

Bahan lain :
2 sdm minyak goreng
2 lembar daun jeruk
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm gula merah

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum, masukkan bumbu lain, koreksi rasa. Masukkan kelapa parut, aduk rata, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Teman-teman ada yang suka bikin urap sayur?biasanya bumbunya dikukus atau ditumis?ayo dong sharing..

No comments:

Post a Comment