Tuesday 17 September 2024

Menikmati Weekend Pagi di Taman Cahaya Pakal Surabaya Barat

Menikmati Weekend Pagi di Taman Cahaya Pakal Surabaya Barat. Minggu pagi long weekend kali ini kami tidak pulang ke Ponorogo ataupun Jombang, karena suami masuk kerja. Akhirnya pagi-pagi suami mengajak kami jalan-jalan ke Taman Cahaya Pakal Surabaya Barat. Sebenarnya kami belum pernah kesini, berbekal pernah lihat tulisan Taman Cahaya di sebelah kiri jalan, sepulang dari acara Blogger Gathering. Akhirnya kami kesini juga hari minggu pagi.


Taman Cahaya dan Fasilitasnya
Taman Cahaya merupakan salah satu taman rekreasi kekinian yang bisa untuk pinik, olahraga dan ajang sosialisasi yang berada di Surabaya Barat. Untuk masuknya gratis tidak ada biaya, namanya juga taman kota jadi masuk ke area fasilitas publik. Selain terdapat area taman dengan tanaman yang sangat rindang, disini juga terdapat banyak fasilitas seperti berikut :
Area olahraga
(basket,futsal, jogging track)
Tempat bermain anak
Perpustakaan mini Mushola
Kandang rusa
(beli makanan rusa di area parkir, harga Rp 5000) 
Mushola
Toilet
Area penjual makanan UMKM



Lokasi, Parkir dan Jam Buka
Taman Cahaya berlokasi di Pakal Surabaya Barat, tepatnya berada di depan Kantor Kecamatan Pakal. Jam buka taman mulai pukul 06.00 sampai 21.00 malam, sedangkan untuk para penjual makanan hanya sampai sore, ini sempat saya tanyakan ketika beli beberapa snack. Parkirannya cukup luas khususnya untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil parkirannya di depan pintu masuk. Tidak luas hanya untuk kurang lebih 10 mobil saja.


Jalan Pagi di Taman Cahaya
Kami sampai Taman Cahaya kurang lebih pukul 07.00, agak sedikit di luar ekspektasi awal, kaget karena ternyata lumayan ramai pengunjung. Terbukti banyak mobil dan motor yang parkir di depan gerbang. Karena mungkin kami agak terlalu siang datangnya, jadi pas kami baru datang banyak pengunjung yang berkelompok dengan baju olahraga akan pulang. Sepertinya ada senam di pagi hari. Selainnya masih banyak yang sedang berolahraga di area basket, futsal, lari bahkan jalan santai keliling taman.


Lingkungan tamannya cukup rindang, di area bermain anak cukup ramai dengan kehadiran orangtua ataupun pendampingnya sedang duduk lesehan di area rumput sintesis. Ada yang hanya duduk, sebagian sedang menikmati sarapan paginya yang mereka beli di area penjual jajanan UMKM.

Disini terdapat 2 area perpustakaan mini yang buku-bukunya diletakkan di lemari etalase kaca bening tertutup yang menempel di dinding. Selain itu, yang unik di Taman Cahaya Pakal adalah terdapat kandang rusa tutul. Ada kurang lebih 10 ekor rusa di kandang, jika ingin memberi makan rusa kita bisa beli makanannya di area masuk parkir atau di jalan masuk. Pastikan selalu mengawasi anak saat mereka memberi makan rusa.


Jika main ke Taman Cahaya saat masuk waktu sholat, tidak perlu khawatir karena disini terdapat mushola dan toilet yang lokasinya berdampingan. Jika merasa lapar dan ingin ngemil saat berkeliling di taman, tidak perlu keluar taman, cukup jalan ke area taman depan yang berada di sebelah kiri (dari dalam). Disini cukup banyak penjual makanan, mulai snack ringan seperti sosis, burger, kentang, martabak, kebab, pentol, siomay batagor hingga semanggi.

Disamping area penjual makanan UMKM juga terdapat penyewaan mainan anak-anak, seperti mobil remote dan sekuter. Kemarin kami hanya jajan sosis jumbo, kentang goreng dan teh manis panas. Harganya juga cukup terjangkau, semunya habis Rp 23. 000. Setelah pesanan datang kami lesehan di pinggir area jalanan taman seperti banyak orang pada umumnya. Setelah istirahat sambil menikmati snack, kami lanjut jalan santai keliling taman lagi lalu pulang untuk cari sarapan. Untuk parkir mobil dikenai biaya Rp 5000.




Alhamdulillah meskipun long weekend nggak kemana-mana, minimal bisa ajak anak jalan-jalan di area yang tidak jauh dari tempat tinggal.

Teman-teman ada yang pernah jalan-jalan ke taman kota?biasanya ngapain aja?ayo dong sharing..

No comments:

Post a Comment