Monday 26 August 2024

Sulap Kuah Gule Kambing Jadi Nasi Kebuli KW yang Rasanya Mantul Banget!

Sulap Kuah Gule Kambing Jadi Nasi Kebuli KW yang Rasanya Mantul BangetAssalamualaikum sahabat HM Zwan. Apa kabar?semoga sehat selalu ya. Ada yang suka nasi kebuli?kalo iya, tos dulu kita. Nasi kebuli merupakan salah satu masakan kaya akan rempah yang berasal dari negara Timur Tengah. Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak menggunakan kaldu daging kambing, susu kambing dan mentega murni, tapi biasanya sering memakai minyak samin. Untuk berasnya sendiri menggunakan beras khusus yaitu basmati, dengan ciri khas berbentuk panjang dan aromanya wangi. Konon, proses pembuatan nasi kebuli ini cukup memakan waktu alias lama, tapi ternyata bisa kok dimasak dengan bantuan rice cooker. Tentunya lebih praktis dan hemat waktu ya. Selain itu, nasi kebuli umumnya terdapat kacang-kacangan dan aneka daging, seperti daging ayam, kambing dan sapi. Uwww, kebayang ya menikmati satu nampan nasi kebuli bareng-bareng pasti menyenangkan.

Bosan Menikmati Gule Kambing Berhari-hari?Yuk, dibikin Nasi Kebuli KW. Dijamin, Mantul Banget Rasany!!
Siapa yang suka cepat  bosan kalau makan gule kambing?
Siapa yang suka bosan menikmati gule berharihari padahal masaknya cuma sepanci?
Yuk, sini merapat. Nah, saya termasuk orang yang gampang banget bosan sama olahan berbahan utama daging kambing. Salah satunya jika diolah menjadi gule kambing. Suami termasuk penyuka gule kambing, jadi biasanya kalau ada daging kambing pasti diolah seperti itu. Satu hari pasti sudah bosen banget, apalagi saya bagian yang masak, kebayang kan rasanya ahahaha. Nah, berawal dari melihat gule yang masih lumayan banyak kuahnya, dagingnya juga masih ada. Akhirnya saya punya ide dibuat nasi kebuli KW, beras dimasak menggunakan gule kambing, jadi deh nasi kebuli. Gampang banget kan?.

Cara Membuat Nasi Kebuli dari Gule Kambing
Untuk berasnya bisa menggunakna beras basmati atau kalau nggak punya bisa pakai beras yang ada, cuci beras sampai bersih. Masukkan kuah gule beserta isinya (daging,iga,tetelan dll), tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya, aduk rata lalu masak di mejikom. Untuk takaran kuah gulenya bisa disamakan dengan memasak nasi pada umumnya. Setelah matang, buka tutup mejikom lalu aduk sampai tercampur merata. Jadi deh nasi kebuli KW. Untuk pendampingnya, biasanya saya membuat ayam goreng rempah, sambal, acar dan kerupuk udang. Pendamping ini saya buat hampir sama dengan nasi kebuli KW yang biasanya saya beli di daerah dekat rumah. 

Gimaa, cukup mudah kan?dijamin deh nggak bakal bosan sama gule kambing karena diolah menjadi makanan yang berbeda.
Semoga bermanfaat..
Selamat mencoba..




No comments:

Post a Comment